Bagaimana Mungkin Madu Mengobati Berbagai Penyakit?

Fit Everyday – Madu adalah sejenis cairan yang dihasilkan oleh lebah dari berbagai jenisnya. Madu memiliki nilai gizi tinggi berupa sumber energi alami. Selain itu madu mengandung berbagai zat obat yang dikumpulkan lebah dari aneka tanaman.

Minum Madu Berpahala

Madu disebutkan dalam teks berbagai agama. Bahkan dalam agama Islam, meminum madu bisa bernilai pahala karena meminum madu merupakan pengamalan dari ayat dalam kitab suci. Umat Islam percaya bahwa Allah sebagai pencipta alam semesta telah memberitahu rasul-Nya mengenai keutamaan madu bagi kesehatan.

Terlepas dari kepercayaan, prinsipnya, setiap tanaman memang mengandung zat yang bermanfaat bagi manusia tetapi banyak juga tanaman mengandung zat yang membahayakan tubuh manusia. Lebah ternyata mampu mengumpulkan zat-zat bermanfaat tersebut dengan suatu cara khusus sehingga racun-racun pada tanaman tidak ikut terambil.

Bagaimana Mungkin Madu Mengobati Berbagai Penyakit

Jika kita renungi pemaparan tersebut, madu bisa menjadi harapan bagi saudara-saudari kita yang sedang menderita penyakit yang belum ditemukan obatnya. Siapa tahu ada tumbuhan dari suatu spesies yang belum diketahui oleh para ahli biologi dan botani? Siapa tahu tumbuhan itu mengandung zat obat bagi penyakit yang belum ditemukan obatnya oleh manusia? Lebah ternyata menemukannya duluan sebelum dokter manusia mengetahuinya.

Memang belum tentu tanaman itu dihinggapi lebah. Tetapi meminum madu menjadi usaha yang jauh lebih logis dibanding penderita berputus asa karena dunia kedokteran manusia belum menemukan obatnya. Apalagi jiwa yang penuh harap berdoa kepada Sang Mahakuasa sambil berusaha dengan usaha logis sesuai petunjuk Sang Mahapencipta tentulah lebih sehat dibanding jiwa yang pasrah kepada penyakit tanpa usaha.

Prinsip ini juga berlaku pada makanan yang didapat dari sumber hewani lain. Misalkan susu kuda liar. Siapa tahu kudanya makan tumbuhan obat yang belum ditemukan oleh dunia kedokteran? Begitu pula telur ayam hutan. Siapa tahu ayamnya makan tumbuhan obat yang belum ditemukan oleh dunia kedokteran.

Kelebihan Lebah

Hanya saja, lebah memiliki kelebihan yaitu dapat terbang ke berbagai tempat misalkan puncak atas pohon, celah-celah sempit di gunung-gunung, atau tebing curam yang tidak dapat dijangkau manusia dan hewan lainnya. Dengan demikian, kemungkinan pengumpulan obat dari tanaman-tanaman yang belum diketahui spesiesnya lebih beragam.

Sebagai catatan, jika manusia sudah sakit, terkadang sekedar minum air saja bisa semakin menyakiti tubuhnya. Prinsip dasarnya, segala sesuatu yang berlebihan adalah buruk. Bagi orang yang sedang sakit, sering dosis suatu zat harus diturunkan karena tubuhnya lemah tidak sanggup menerimanya.

Prinsip ini juga berlaku pada madu. Untuk itu, jika sudah sakit, berkonsultasilah selalu dengan dokter. Misalkan penderita tidak boleh makan/minum yang lengket-lengket. Padahal madu lengket. Mungkin perlu dicairkan dengan air dulu.

Misal lagi, penderita tidak boleh mengkonsumsi gula dari jenis apapun. Padahal madu mengandung gula buah (fruktosa). Mungkin perlu dicari dulu jenis madu tawar atau madu pahit alami.

Madu pahit yang asli bukanlah madu biasa dicampur jamu seperti sambiloto, brotowali, atau biji mahoni. Walau madu campur jamu memiliki khasiat juga, tapi perlu diketahui bahwa madu pahit yang asli memang pahitnya dari semenjak di sarang lebah. Dan ini sangat-sangat jarang.

Oiya, Sobat Fit… Bagi anda yang berminat untuk mengonsumsi produk MADU original, FIT EVERYDAY menyediakan juga loh. Yang mau pesan bisa klik DISINI

oleh: Beta Sagita, STP (Wirausahawan Kuliner, Konsultan Bisnis Pangan)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Kami FitEveryday
Apa yang bisa kami bantu?