Mengapa Beras Organik?

Fit Everyday – Beras organik adalah beras yang dipelihara tanpa menggunakan pestisida (racun hama), insektisida (racun serangga), fungisida (racun jamur), herbisida (racun gulma), dan racun-racun lainnya yang berasal dari pabrik kimia. Beras organik juga hanya menggunakan pupuk alami dan tidak menggunakan bibit hasil rekayasa genetika.

Beras yang aman

Sebenarnya, jika racun pabrikan kimia, pupuk non-alami, serta bibit rekayasa hasil genetika digunakanan sesuai batasan yang dibolehkan, beras yang dihasilkan cukup aman untuk dikonsumsi. Hanya saja, pernah terjadi berkali-kali kasus ditemukannya residu (sisa) racun-racun pabrikan kimia yang tidak terurai oleh alam pada produk pertanian. Hal ini biasanya terjadi karena petani khawatir panennya akan gagal akibat serbuan hama atau penyakit tanaman sehingga memberi racun sampai kadar yang sudah berbahaya.

Hal ini diperparah oleh ditemukannya tanaman hasil rekayasa genetika. Banyak tanaman rekayasa ini memang sengaja dibuat agar tidak mati ketika disemprot racun pabrikan. Dulu para petani sekalipun ada yang memberi racun di atas dosis, tetapi tidak bisa juga terlalu berlebih karena bisa mematikan tanaman. Dengan adanya tanaman rekayasa genetika, petani nakal sering memberi racun dengan kelebihan dosis yang ekstrim. Toh tanamannya tidak mati.

Memang tanamannya tidak mati. Tapi akibatnya, alam tidak sanggup mengurai racun pabrikan itu. Racun yang menempel bahkan terserap oleh tanaman membuat panen yang dihasilkan mengandung racun berbahaya bagi kesehatan manusia. Bagi mereka yang memiliki gangguan ginjal, hati, dan penyakit-penyakit lainnya, mengkonsumsi residu (sisa) racun sering bisa cepat terasa kerusakannya.

Mengapa beras organik?

Karena masih ada saja petani yang belum bisa meninggalkan kebiasaan tersebut, banyak ahli mendorong praktik pertanian organik. Sertifikat hasil pertanian organik merupakan jaminan mutu bahwa makanan yang kita beli tidak mengandung residu racun-racun pabrikan sebagaimana telah kami sebutkan di atas. Mereka yang memiliki orangtua yang sudah sepuh, memiliki gangguan kesehatan, atau ada anggota keluarganya yang rentan (ibu hamil, bayi, dll) sebaiknya beralih ke produk-produk beras organik.

Bagi orang sehat sekalipun, jika tiap hari masuk residu racun, aneka kerusakan organ dalam akan terjadi cepat maupun lambat. Mungkin kita bisa katakan, “Asalkan tidak tiap hari, tentunya bahayanya tidak besar”. Kenyataannya, kita di Indonesia makan beras tiap hari. Begitupun ada makanan-makanan lain yang kita makan secara harian.

Oiya, Sobat Fit… Bagi anda yang berminat untuk mengonsumsi produk beras Organik, FIT EVERYDAY menyediakan juga loh. Yang mau pesan bisa klik DISINI

Oleh: Beta Sagita
(Ketua Kewirausahaan Himpunan Alumni IPB DPC Kab. Bogor)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Kami FitEveryday
Apa yang bisa kami bantu?