Susu Skim yang Rendah Lemak

Sobat Fit pernah mendengar susu skim? Nah, kali ini FIT EVERYDAY akan membahas mengenai susu skim yang memiliki manfaat luar biasa. Susu Skim adalah susu sapi yang diproses sedemikian rupa sehingga menjadi susu yang rendah lemak dan tinggi protein. Umumnya juga mengandung kalsium yang tinggi juga. Jadi susu skim ini merupakan susu sapi murni yang telah dikurangi komponen lemaknya.

Susu skim bermanfaat sebagai sumber protein dan kalsium yang aman bagi orang yang sedang diet rendah lemak seperti penderita obesitas, lansia, dan sejenisnya.

Susu Skim adalah produk susu dengan kadar lemak yang sangat rendah.

Mengapa Disebut Susu Skim?
Susu skim dibuat dengan cara memasak susu murni. Setelah mendidih, bagian atas yang berbentuk krim diambil dengan teknik skimming (penyendokan). Susu yang tersisa disebut susu skim dan proses pembuatannya disebut skimming.

Mengenal SUSU UHT
Susu UHT (Ultra High Temperature) adalah metode pengawetan minuman, kebanyakan digunakan pada susu. Susu terlebih dahulu dipanaskan selama 2-3 detik di suhu 135 sampai 150° C dan segera didinginkan sampai 4-5° C. Waktu pemanasan yang singkat dimaksudkan untuk mencegah kerusakan nilai gizi susu serta untuk mendapatkan warna, aroma da rasa yang relatif tidak berubah seperti aslinya.

Kelebihan Susu UHT :

  • Aman untuk dikonsumsi, karena telah bebas dari mikroba pembusuk dan mikroba penyebab penyakit.
  • Susu bersifat awet dan tanpa bahan pengawet, sangat praktis untuk dikonsumsi.
  • Mengandung zat gizi yang sangat bermanfaat bagi pemeliharaan kesehatan tubuh yang optimal

Sedangkan takaran yang dianjurkan adalah 2 – 3 kali sebanyak 300ml dalam 1 hari.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan :

Setelah kemasan susu dibuka maka harus segera dihabiskan. Jika tidak bisa habis, maka harus segera dimasukkan ke dalam kulkas (suhu 4˚C) dan disarankan harus habis dalam jangka waktu 2 – 3 hari. Jika sebelum 3 hari, lalu bau, rasa, atau warnanya berubah, maka jangan dikonsumsi. Karena itu berarti sewaktu dibuka, sudah masuk mikroba (kuman) yang telah merusak susu tersebut.

Tidak dianjurkan untuk :
Anak di bawah 2 tahun, penderita Lactose Intolerant, infeksi saluran pencernaan, atau penyakit-penyakit sejenis yang dilarang dokter.

(Team Fit Everyday)

Untuk pemesanan makanan sehat dan alat kesehatan keluarga, KLIK DISINI…

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Kami FitEveryday
Apa yang bisa kami bantu?