Mengenal Gula Jagung

Fit Everyday kali ini akan membahas mengenail Gula Jagung. Jadi, gula jagung adalah Gula fruktosa yang berbentuk kristal berasal dari bahan baku jagung yang memiliki kandungan Fruktosa.

Tapi sebenarnya apa sih Gula? Gula adalah struktur paling sederhana dari karbohidrat. Sumber karbohidrat ada nasi, mi, roti, kentang, buah-buahan, dan lain sebagainya. Jika kita makan makanan yang mengandung karbohidrat, tubuh akan memecahnya terlebih dahulu jadi bagian terkecil, yakni gula. Kemudian tubuh baru bisa menyerap dan memprosesnya lebih lanjut.

Nah, glukosa dan fruktosa adalah jenis gula paling sederhana dibandingkan sukrosa. Glukosa dan fruktosa sama-sama termasuk golongan gula yang dinamakan monosakarida. Ini jenis gula yang paling kecil dan tidak dapat dipecah lagi.

Berbeda dengan glukosa, sukrosa termasuk ke dalam jenis disakarida. Itu artinya sukrosa terbuat dari gabungan dua monosakarida. Dua monosakarida pembentuk sukrosa ini adalah glukosa dan fruktosa yang menyatu. Bisa dibilang sukrosa adalah gabungan fruktosa dan glukosa.

Manfaat Gula Jagung antara lain sebagai pemanis dengan indeks glikemik 19 (rendah), yang dapat mengurangi resiko lonjakan gula darah dalam tubuh.

Takaran yang dianjurkan : 4 sendok makan – sehari

Hal yang perlu diperhatikan saat akan mengonsumsi gula jagung :

  • Penderita diabetes harus berkonsultasi dengan dokter.
  • Pada beberapa kasus bisa terjadi buang air besar berbentuk cairan.
  • Berpotensi menimbulkan gas di dalam perut.
  • Hentikan penggunaan jika terjadi gangguan pencernaan.
  • Konsumsi berlebih dapat mengakibatkan obesitas dan penumpukan lemak.

Tidak dianjurkan untuk :
Penderita diare, diabetes, gangguan fungsi hati, dan orang yang sensitif terhadap Fruktosa.

(Fit Everyday Team)

Untuk pemesanan dan pembelian makanan sehat, KLIK DISINI…

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Kami FitEveryday
Apa yang bisa kami bantu?